Thursday, November 29, 2012

Mengatasi Susah BAB (Sembelit) pada Bayi Mpasi

Si Cuta waktu pertama kali Mpasi sih tidak mengalami sembelit atau nangis pas BAB. BABnya memang lebih keras, sehingga dia ngeden namun tidak sampai nangis. Menurut Mommy di milis, ngeden memang diperlukan bagi bayi untuk melatihnya buang air besar jadi saya tidak terlalu khawatir. Selain itu, BABnya juga seringnya dua hari sekali. Jadi syukurnya, awal-awal Mpasi dia tidak sampai sembelit.

Sembelit merupakan hal yang lazim terjadi pada bayi yang baru Mpasi. Sembelit sih sudah pada tahap yang parah ya, Mommy, sementara masalah yang paling sering terjadi adalah bayi tidak BAB di awal-awal Mpasi, bayi ngeden keras waktu BAB atau bayi nangis kejer di awal Mpasi padahal pupnya tidak keras.

Hal ini lazim terjadi karena usus bayi masih dalam tahap ‘training’ atau penyesuaian. Pada bayi yang ekslusif ASI selama 6 bulan, usus terbiasa dengan makanan cair sehingga ketika diberikan makanan padat atau semi padat, usus bayi akan kaget. Hasilnya ya itu, tidak BAB beberapa hari, sembelit dan nangis-nangis.

Lalu untuk mengatasi sembelit pada bayi yang baru Mpasi bagaimana sih?
Saya pernah baca sharing mommy di milis. Ada tiga metode yang bisa memperlancar BAB bayi yaitu:

3F: fluid, fiber, fitness

Untuk fluid, yaitu bisa berupa pemberian air putih. Untuk postingan air putih, bisa dibaca di link mengatasi bayi yang tidak suka minum air putih.

Untuk fiber, bisa didapatkan dari buah dan sayur. Khusus buah, ada beberapa buah tertentu yang bisa digunakan untuk bisa memperlancar BAB bayi, yaitu:

P fruits: pear (xiang li), peach, plum, prune, papaya.

Khusus untuk papaya, idealnya memang bisa melancarkan pencernaan, namun ternyata cocok-cocokan juga. Selain p fruit diatas, banyak juga mommy yang menyarankan buah lain untuk memberikan melon kuning atau rock melon. Untuk Cuta sih buah ini memang hampir selalu ada, karena emaknya juga doyan (heheheheh) dan hasilnya memang membuat pencernaannya lancar.

selain buah diatas, ada juga mommy yang berhasil dengan buah naga, alpukat sama semangka. Cuman itu, cocok-cocokkan juga.

Nah, selanjutnya untuk fitness, yaitu dengan pijat bayi. Pijat di bagian perut penting untuk melancarkan pencernaan. Pijatnya dengan membentuk huruk ILU terbalik pada perut bayi. Artikelnya belakangan deh ya, saya tidak terlalu sering melakukan pijat sih karena Cuta anaknya tidak mau diam. Baru direbahin sedetik, dia udah belinjatan bangun.

Lalu gowes, yaitu dengan menggerakan kedua kaki bayi seperti menggenjot sepeda sementara bayi dalam posisi berbaring. Nah, yang ini sering saya lakukan, disertai dengan nyanyi-nyanyi.



Selain metode 3f diatas, banyak juga mommy mengatasi sulit BAB pada bayi dengan hal-hal berikut:

Berendem air anget biar badannya rileks
Oles minyak adas di perut.
Angkat kaki ke arah perut saat bayi mengedan
Gendong bayi dalam posisi berhadapan dan kakinya ditekuk jadi bayi duduk di tangan.

Tips diatas mungkin tidak berhasil pada satu anak jika diterapkan, semua kembali lagi pada kenyataan bahwa masing-masing anak memang berbeda-beda. Jika sembelit sudah parah, lebih baik hubungi dokter ya mommy.

15 comments:

  1. anakku Daca br mulai mpasi nih, kmrn wktu pup nangis, pdhl pup-nya kluarnya lancar (ga susah kluar) & aq pegang ga keras & ckp banyak.. itu termasuk sembelit ga ya mom? habis pup waktu dibersihin anaknya juga lgsg ga nangis, udah ketawa2, guling2.. pdhl pas hari itu menu buahnya udah pear, pepaya..

    ReplyDelete
  2. Mungkin nangisnya karena kalo baru mpasi mulesnya "beda" walopun pupnya mah lancar2 aja...

    ReplyDelete
  3. Bagaimana dengan warna bab bayi yang mpasi?

    ReplyDelete
  4. Mohon masukan'a mom.bby'q dah 18bln.pup'a prnah 2mnggu sx.abis it lancar2 aja,eh skrng dah 1mnggu blm pup,dah 2 mnggu brtrut2 kya gtu.sx'a pup cma dkit bnget.skrg ini dia blm pup pdahal dah smnggu.emang si anak'a ssah bgt makan tpi asi'a jago.masukan'a mom...
    T_T

    ReplyDelete
  5. Bbyq 18bln.prnah 2mnggu sx bru pup it brlangsung slma 3x jdi dlm 6mnggu pup'a 3x.abis it sy kasi'in microlax eh abs it jdi lancar.tiap hri pup.eh smnjak 2mnggu pup'a ngadat lg jdi 1mnggu 1x.ini blm pup jga pdahal dah smnggu smnjak dia pup trahir.bby'q susah bgt mkan'a tpi asi'a jago.gmna y mom??

    ReplyDelete
  6. Hanya sekedar berbagi...
    Anak saya dulu juga mengalami masalah dengan bab nya. Semenjak MP ASI ,BAB anak saya selalu ngeden, sampai keringat dingin keluar, wajah merah dan menangis hebat padahal tekstur fesesnya tidak terlalu keras karena anak saya cukup makan sayur dan buah, air putih pun dia demen. Umur 7 bulan saya bawa ke DSA... Dikasih semacam obat pencahar tidak ada pengaruh... Diperiksa jug tidak ada masalah di perutnya. Saya coba kembali ke DSA di sebuah rumah sakit swasta di jogja, dan diberi resep LACTO-B, saat itu agak berhasil tapi lama lama ga mempan pada anak saya kemudian saya kembali ke DSA yang lain dan memaksa untuk melakukan rontgen pada anak saya, tapi dokter bilang tidak ada masalah pada anak saya dan kami pulang tanpa hasil... Hari hari terus saya jalani dengan anak saya yang susah BAB sampai anak saya 14 bulan.Frekuensi BAB anak saya juga bermasalah, kadang sampai 1 minggu tidak BAB, jadi terpaksa saya pakai mik**lak baru bisa keluar, bahkan sampai anusnya berdarah karena memang pertama ukuran fesesnya besar dan agak keras, selanjutnya lembek. Berbagai cara yang telah saya coba adalah:
    1. Memberikan serat dari sayur dan buah.
    2. Memberikan air putih.
    3. Karena masih ASI, saya juga menambah konsumsi berbagai sayur dan buah yang mengandung serat tapi malah saya yang (maaf) m*ncr*t.
    4. Pijat bayi, dan saya pijat sendiri dengan tehnik I love you dan kayuh sepeda di udara.
    5. Prinsip 3 F (Fitnes, Fluid dan Fiber) juga tidak kurang kurangnya saya lakukan.
    6. Mecoba dengan air gula.
    7. Memberikan agar-agar.
    8. Memberikan cairan kloropil.
    9. Memberikan kanji seperti artikel yang saya baca, sampai kasihan memberikan anak saya cairan kanji mentah karena anak saya belum mengkonsumsi sufor selain itu dia juga tidak doyan susu selain ASI, dan itu juga tidak berhasil juga,.
    10. V*** bl*nd dan F****bl*nd Jr juga saya coba dan membuahkan hasil tapi kata dokter itu bukan faktor utama yang melancarkan BAB anak saya dan dia tidak menyarankan karena itu hanyalah iklan nya saja.
    Sampai paada akhirnya faktor inilah yang paling berhasil untuk anak saya..........Terakhir kami periksa lagi ke RS dan bertemu dengan DSA serta berkonsultasi. Akhirnya kami pun pulang tanpa diberi resep obat apapun tapi kami pulang dengan membawa pengertian baru yang sangat berharga. Yaitu selama ini ternyata anak saya makan nya terlalu halus. Untuk seumuran anak saya (14 bulan) harus sudah mengkonsumsi makanan kasar seperti nasi dan lauk pauknya untuk melatih ususnya. Memang selama ini saya memberikan makanan lembek maksimal bubur nasi kepada anak saya dengan harapan mudah dicerna dan mudah pula BAB nya. Tetapi ternyata pemahaman saya itu salah. DSA ini juga memberikan tips toilet trainning yang tepat. Melatih anak saya jongkok. Memang selama ini belum saya lakukan karena saat BAB dia masih saya pangku (istilah jawanya di tatur). Meskipun sulit dilakukan tetapi tetap saya coba, anak saya sambil menangis tetap jongkok waktu BAB. Dan puji Tuhan akhirnya sekarang anak saya bisa BAB dengan lancar. Itulah sekedar pengalaman yang mungkin berguna bagi yang membutuhkan..
    Salam hangat..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baru tahu kalau tekstur mempengaruhi kemampuan BAb. makasi mom atas sharingnya, semoga berguna bagi mommy yg lain

      Delete
    2. salam kenal...!!! saya juga mempunyai anak usia 3 thn yang susah BAB... tolong di inbox ke email saya ya..!! nama obat yg di kasihkan ke anak.....utamanya pada point ke-10 trims

      email saya: salsabila.fatiha@gmail.com

      Delete
  7. mom cara ajarin babynya jongkok bagaimana? krn selama ini anakku selalu berdiri pegangan sama kursi/pintu tiap ngeden, akhir2 ini anakku kaya yg takut untuk ngedn alhasil pupnya ditahan, tiap kakinya dibengkokin unt jongkok tegang bgt slalu ga bisa yg ada teriak2 kaya tantrum gitu, please help :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba diajak jongkok diatas toilet mom, sambil dipegangin. anak saya mau kok. tapi memang sih tergantung anaknya.

      Delete
  8. Makasih Infonya .. Tambah pengetahuan tentang Bayi

    ReplyDelete
  9. anak aq susah bgt mau BAB,smpe ngeden2 merah pantat ny,solusi ny gmn?

    ReplyDelete
  10. Mom acyuta makasih ya rtikelnya bikin saya lega, berarti anak saya kasusnya lazim buat bayi baru mpasi. Nah pas skrg anak ssaya masi sembelit stlh 2x dikasi kabocha lembut dan ketika pup nangis terus, baiknya saya teruskan jadwal dimana anak saya sekarang berada di minggu kedua (2 x makan, jus/puree dan bubur lembut) atau sebelum fesesnya normal sebaiknya back to jadwal di minggu pertama ya mom ( jus puree saja)? Trs biasanya yang normal brp lama ya proses adaptasinya? Makasih mom

    ReplyDelete
  11. Mom, mau tanya nih. Anak ku umur 6bulan jalan tujuh bulan. Menu mp asi nya sering aku ksh bubur labu kuning. Tp selalu dirolling pake sayuran kaya brokoli,wortel. Tp entah knp skg susah bab. Udah 4 hari ini ga bab. Sharing diatas rata" bayinya sudah berumur diatas satu tahun. Trs bagaimana caranya menangani sembelit buat bayi umur 6 bulan? Saya blm ke dokter, tp saya coba pake pepaya, tp malah ga mau makan. Makan pepayanya cm dikit. Gimana ya mom? Sharing ya makasih

    ReplyDelete
  12. Kalau anak saya pepaya malah bikin keras.. saya coba buah naga juga.. terkhir yg lumayan pir korea. Wortel termasuk bikin dia bab keras juga.. beda2 sih.. tapi boleh coba pir korea. Coba gula anggur.. mungkin bisa bantu. Btw thanks info untuk tekstur makanan.. kayanya boleh dicoba ya.

    ReplyDelete

 
Copyright © . Catatan Mpasi Acyuta - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger