Menyediakan panduan untuk Ibu dalam merawat bayi, makanan bayi, dan perkembangan bayi

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, November 9, 2012

Resep MPASI Bayi yang lagi GTM

Resep MPasi bayi saya yang lagi GTM adalah Oat Keju Alpukat. Ini sebenarnya tidak cocok dijadikan resep makanan bayi, apalagi dishare disini. Namun, berhubung makanan inilah yang bersedia dilahap sama si Cuta di sela-sela waktu GTMnya, jadinya saya malu-maluin posting disini.

Kalau ditengok sejarah GTM nya si Cuta, kemungkinan dia GTM karena belum lapar-lapar banget terus bosan dengan makanan yang diberikan selama ini. Menghadapi anak GTM memang susah sekali, susah karena dia ga mau makan, ditambah susah karena stress memikirkan akibatnya nanti. Si Cuta kurang gizi-lah, dibilang kuruslah. Apalagi mendengar komentar ibu, yang memang jarang sekali ketemu cucunya. Dibanding-bandinginlah sama ponakan, dibilang kuruslah, dibilang bodohlah. Aduh....

Si Cuta memang udah hampir 3 bulan lamanya GTM kek gini. Namun dia ga GTM sama sekali. Sesekali dia bisa menghabiskan makanannya walaupun dalam jangka waktu yang lama. Sesekali dia ogah benar disuapin bubur beras, pas dikasih bubur gandum plus susu, dia mangap-mangap. Sesekali dia menolak semua makanan. Makanya kadang saya bingung apa sebenarnya yang membuat dia ga mau makan seperti ini.

Tapi syukurnya, walau dia susah makan seperti ini, aktivitasnya ga terganggu sama sekali. Dia tetap aktif merangkak kesana kemari. Soal berat badan, Hadeuh jangan ditanya deh, walau ga turun namun naiknya ga banyak-banyak. Kondisinya masih lebih mending dibandingkan curhat-curhatan ibu-ibu di milis, yang ada bahkan anaknya sejak umur 6 bulan BB ga naik-baik gara-gara GTM. Si Cuta walau ga gemuk, tapi badannya sekel, istilahnya gilik alias bulet kek cacing tanah. Hehehhe...

Eh, sampai lupa. Menu favoritnya Cuta selama GTM adalah pure apel kukus. Simple sekali ya. Namun sesekali saya campur dengan berbagai macam buah seperti melon, pear, pepaya dan buah naga. Untuk makanannya, dia suka sama oat alias gandum. Salah satu resepnya nanti saya share belakangan.

Khusus untuk bubur beras, saya juga bingung dia maunya gimana. Biasanya bubur beras atau nasi tim saya campur dengan tumisan ayam, tahu, keju seperti di postingan Bye Bye GTM (ternyata bye bye nya sementara, hikss). Pernah dia suka, tapi tak lama langsung mingkem. Lalu diganti dengan nasi tim tambah sayur berkuah isi tumisan diatas, mingkem juga. Terus saya coba bikinin sayur bening ala mommy di milis yang katanya anaknya hap hap hap makan ini. Ternyata ahh... sesendok dua sendok masuk, setelahnya mingkem. Terakhir pengasuhnya iseng ngasih air tajin yang masih ada buburnya, eh... habis satu cangkir. weleh welehh.....

Intinya saya simpulkan sementara bahwa si Cuta tidak suka sama sekali jika bubur berasnya dicampur-campur. Saya pernah cicipin rasa bubur beras yang masih hangat, manis-manis enak memang. Mungkin itu sebabnya, dia lebih suka bubur beras polos. Tetapi bagaimana dengan kebutuhan gizinya jika hanya makan seperti itu? Alternatif saya campur sedikit dengan parutan keju dan EVOO, hasilnya suskes ditolak. Hihihihi... lalu tadi pagi saya coba buburnya ditambahin orak-arik telur. Ah, mau masuk sedikit. Yah, sedikit tidak apa-apa asal masuk.

Nah, buat mommy-mommy yang baca postingan saya ini, pasti anaknya lagi GTM. Yah, kita senasib. kadang saya iri dengan teman yang 'mengaku' anaknya ga pernah GTM, atau anaknya hap hap hap terus makannya. Saya juga iri sama anak teman atau anak tetangga yang badannya bulet berisi. Saya juga iri sama tetangga yang setiap makan anaknya ga harus ngider kesana kemari. Artinya saya ibu yang normal karena ingin anak yang super duper kalem dan baik hati. namun apa setiap anak begitu?

Eh ya sampai lupa, salah satu resep mpasi bayi GTM saya adalah Oat Keju Alpukat. Ini dia resepnya, sederhana sekali, maklum saya bukan orang yang pinter masak. hehehhe

Resep Oat Keju Alpukat

Bahan:
2 sdm makan oat non instan (pakai quacker oat yang bungkus biru)
120 ml air
Keju parut ( kira-kira aja biar tidak terlalu asin)
1/2 sdm alpukat yang sudah dihaluskan.
susu bubuk

Cara memasak
Didihkan air, masukan oat dan aduk-aduk selama kurang lebih 2 menit. Setelah matang matikan api. Masukan keju parut dan alpukat. Aduk rata. Lalu tambahkan susu bubuk. Kalau susu formula bisa ditambahkan sekarang namun kalau ASI tunggu sampai dingin. Siap dihidangkan, enaknya selagi panas.

Saya sering nyicipin, rasanya harum sekali. Enak.







5 comments:

  1. Mom ini bsa utk baby umur 6 bulan gak?? Baby aku gamau makan sma skali nih pdhal baru mulai mpasi :( sedih bgt :(

    ReplyDelete
  2. Bun... GTM itu apa yak? Hehehee.. anak sy jg lg ga mau makan makanan pokok..cuman doyan makan buah n biskuit2 doank, susu palingan... giliran dikasih bubur lgsg deh tutup mulut serapet mgkn..😥

    ReplyDelete
  3. Bantu jawab mom lia,, GTM itu gerakan tutup mulut alias si anak mingkem mulutnya tiap Ada makanan yg mau disuapin ke mulutnya 😀😀

    ReplyDelete
  4. Hahahaa.. Itu sama bgt yg part "komentar ibu klo ngeliat cucunya" haduuhh bikin stress..
    Mksh resepnya ya mom, cuma sharing aja mom, coba buburnya pake udang cincang+daun bawang, mudah2an doyan karena anak saya jg gt, dan Baunya emg haruuum bgt, smoga bermanfaat :))

    ReplyDelete

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages