Monday, December 3, 2012

Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Mpasi

Membuat bubur kacang hijau memang gampang-gampang susah. Tinggal dimasak di air mendidih, jadi deh. Tapi jangan kira segampang itu, pernah kan mommy membuat bubur tapi hasilnya keras bukan kepalang. Nah, dari mommy di milis Mpasi rumahan, saya nemu nih tips Mpasi ampuh dalam membuat bubur kacang hijau.

Pertama: Sudah tentu kacang hijau harus direndam dahulu, minimal 3 jam agar lebih cepat matang. Mau rendam semalaman juga okeh, namun awas jadi kecambah dia. Nah, kalau mommy orangnya pikunan terus mencegah rendaman kacang hijaunya jadi kecambah, rendamnya bisa menggunakan air matang, jangan air mentah.

Kedua: Kalau mommy tidak sempat merendam kacang hijaunya dan ingin memasak pada hari itu juga, ada juga caranya. Yaitu didihkan air, lalu masukan kacang hijau sekitar 5 hingga 10 menit hingga mendidih benar. Setelah itu matikan api dan tutup panci. Biarkan setengah jam, baru tutupnya dibuka. Nah, kacang hijaunya akan pecah kulitnya, kemudian masak kembali. Nah, lebih hemat gas jadinya dibandingkan mommy masak di atas api terus menerus.

Ketiga: Penambahan gula sebaiknya tunggu hingga kacang sudah mekar. Tunggu hingga mekar atau benyek dulu. Penambahan yang terlalu cepat bisa membuat kacang hijau tidak mau mengembang sehingga keras. Setelah mengembang dan kulit terkelupas, baru kecilkan api. Kulit kacang hijau yang sudah lepas dan mengambang bisa diambil sedikit demi sedikit. Setelah itu baru tambahkan gula, jahe dll.


resep bubur kacang hijau lain

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Catatan Mpasi Acyuta - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger