Wednesday, January 23, 2013

Berbagai Kecap Non MSG buat Mpasi Bayi

Dari judulnya, pasti mommy berpikir "Masak iya ada kecap tanpa MSG?"
Memang, kalau kita bertemu sebuah produk pabrikan yang dikemas dan tahan lama pasti identik dengan MSG dan pengawet. Tidak bisa dipungkiri sih, apalagi kalau sebuah produk digemari dan punya rasa enak, kita pasti berpikir bahwa produk tersebut mendapat penambahan penguat rasa dengan berbagai istilah latin seperti monosodium glutamat, natrium glutamat dan lainnya.

Lalu, bagaimana dengan kecap?
Banyak mommy yang menanyakan tentang kecap ini di milis. Kecap bisa diberikan mulai umur 1 tahun. Memang bukanlah bahan makanan esensial dalam Mpasi. Penggunaannya bisa diskip atau digantikan dengan bahan lainnya. Tetapi sesekali, banyak mommy yang ingin menggunakan kecap sebagai variasi rasa, terutama untuk masakan-masakan berbahan kecap seperti semur dan nasi goreng.

Lalu kalau kasus sudah begini bagaimana?Pilihannya ya kecap non MSG. Lalu merk kecap yang baik untuk Mpasi apa?

Dari obrolan-obrolan yang saya baca di milis, ada satu merk kecap yang tidak menggunakan MSG. Saya sudah terbiasa sebut merk di blog ini, jadi ya langsung aja deh. Banyak mommy yang rekomendasi merk Bango, alasannya karena di labelnya tidak terdapat bahan MSG. Selain itu, ada juga mommy yang mengaku pernah kerja praktek di pabriknya dan melihat langsung pembuatan kecap yang tanpa MSG dan pengawet. Selain itu, ada juga yang menyarankan kecap Black Gold dari ABC.

Merk lain yang sering disebut adalah kecap cap Sapi. Merk ini masih awam di telinga kita. Belum pernah dilihat di supermarket atau di televisi. Heheheh... wajar Mommy, ternyata kecap ini hanya ada di Bandung. Untuk mommy di Bandung, kecap ini bisa diperoleh di supermarket Yogya Riau, Setiabudhi, Tiara, toko kelontong dan pasar-pasar tradisional.

Selain itu, ada pula kecap organik. Ada yang bilang kalau kecap organik lebih baik dibandingkan kecap pabrikan. Cuman ya itu, harganya lebih mahal. Beberapa merk yang sering dipakai yaitu kecap organik cap 3 Mawar.

Berbagai merk diatas bisa mommy coba. Namun ada tips lain nih soal memilih kecap. Kecap selain msg komposisi lain yg harus diperhatikan adalah
  •  Ada atau tidak bahan pengawetnya?
  • Kecap asli yang alami cenderung lebih encer tidak kental. Kalo ternyata kental berarti ada tambahan sesuatu yg bikin dia kental. 
  • Gula yang digunakan, kalo kecap yang alami seharusnya memakai gula merah/aren. Bukan gula pasir / gula buatan.
Lalu bagaimana dengan saos Tiram?
Ada juga nih merk saus tiram tanpa MSG yang direkomendasikan, yaitu merk Lee Kum Lee, namun jenis ini ada 2, MSG dan non Msg. Tang tanpa MSG ada gambar kakek-kakek pakai topi, jadi jangan sampai salah ya.

Selain itu, ada stau hal yang perlu mommy lakukan untuk membeli produk kemasan, apapun jenisnya, biasakan untuk membaca label komposisi bahan. Biasakan diri untuk berkenalan dengan istilah-istilah latin yang digunakan untuk menggantik Monosodium Glutamat alias MSG. Beberapa produk memang terang-terangan mencantumkan nama Penguat Rasa, beberapa produk lain menggantinya dengan nama latin lain.    

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Catatan Mpasi Acyuta - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger