Tuesday, July 23, 2013

Peralatan untuk Menyiapkan Makanan Bayi

Sebagian besar Mommy suka shoping dan mungkin tergoda untuk membeli peralatan untuk membuat makanan pendamping ASI bayi yang mahal, bagus dan juga bervariasi. Padahal jika dilihat-lihat, Mommy mungkin mempunyai hampir semua peralatan yang dibutuhkan di lemari dapur. Namun tetap saja, jiwa shoping bisa mempengaruhi pandangan mata.

Sebagai sedikit gambaran, untuk membuat makanan bayi, Mommy hanya memerlukan peralatan memasak dasar sebagai berikut:

-    Panci
-    Food processor seperti blender, grinder, hand grinder dll
-    Peralatan sederhana seperti pisau, talenan, saringan dll

Tiga peralatan dasar diatas tentunya sudah Mommy punya di dapur. Panci fungsinya untuk memasak makanan bayi baik itu mengukus atau merebus. Food processor fungsinya untuk membuat puree atau menghaluskan makanan bayi. Jika tidak menggunakan yang elektrik, Mommy bisa menggunakan saringan logam atau kawat.

Sementara untuk memberikan dan menyimpan makanan bayi, ada lagi peralatan yang diperlukan. Kira-kira peralatan dasarnya adalah:

-    Piring dan sendok bayi.
-    Wadah kecil bertutup atau cup kecil bertutup ukuran 1-1.5 oz untuk menyimpan makanan bayi.
-    Kulkas, tentunya.
-    Magic jar, magic com atau rice cooker untuk menghangatkan.
-    Ice tray untuk membekukan. Bagusnya jika bertutup. Atau bisa juga menggunakan wadah kecil bertutup seperti point 2.

Rasanya peralatan dasar yang dibutuhkan hanyalah itu. Keempat jenis peralatan itu fungsinya primer, artinya memang harus ada kalau hendak memberikan dan menyimpan makanan bayi.

Piring dan sendok khusus bayi tersedia banyak di supermarket, toko kebutuhan bayi dan juga kebutuhan rumah tangga. Hendaknya tidak menggunakan sendok dari logam karena bisa menyebabkan luka pada gusi bayi yang masih sensitif. Juga jangan menggunakan sendok makan biasa karena mulut bayi kan masih kecil sekali.

Untuk media penyimpanan di kulkas, bisa menggunakan wadah kecil dengan tutup untuk menghindari kontaminasi dengan bahan makanan lain di kulkas. Ukuran yang kecil pas dengan porsi bayi.

Kalau fungsi kulkas jangan ditanya deh, terutama bagi working mom yang tidak bisa menyiapkan makanan semenit sebelum diberikan. Kulkas fungsinya untuk menyimpan sementara atau bahkan menyimpan dalam waktu lama dengan cara dibekukan.

Nah, setelah makanan disimpan di kulkas, saat hendak memberikan harus dihangatkan. Inilah fungsinya magic com, magic jar atau rice cooker. Tinggal taruh makanan bayi di dalamnya (tentunya dengan wadah tahan panas), dan tunggu hingga hangat.

Peralatan dasar diatas rata-rata sudah ada di dapur. Namun sekarang ada banyak pilihan peralatan yang memang khusus dibuat untuk menyiapkan makanan bayi.

Diambil dari file milis Mpasi rumahan, berikut kira-kira peralatan tambahan tersebut:

Homemade Babyfood Maker Set
Fungsi Homemade babyfood maker set: Merupakan satu set alat yang bisa digunakan untuk memeras buah jeruk, menyaring, penggiling/grinder, pemarut dan menghaluskan makanan.



Merk yang direkomendasikan yitu: Pigeon, PEX, PUPU. Variasi harga: berkisar diantara Rp 35.000 hingga 80.000 untuk merk PEX dan PUPU, dan Rp 130.000 hingga 150.000 untuk merk Pigeon.

Baby Food Warmer (elektrik)
Fungsinya sudah pasti untuk menghangatkan makanan bayi. Fungsi yang sebenarnya bisa digantikan dengan magic com, magic jar atau malah rice cooker. Merk yang direkomendasikan adalah Avent, Babylove, Core dengan variasi harga berkisar antara Rp 150.000 s.d 250.000.

Mini Blender, Hand Blender
Namanya saja mini, fungsinya adalah menghaluskan makanan bayi dalam porsi yang lebih mini. Cocok digunakan jika Mommy ingin mempersiapkan alat khusus untuk makanan bayi. Merk yang direkomendasikan adalah Babylove, Pukupuku, Philips dengan variasi harga Rp 200.000 s.d 250.000

Mini Elektric Slow Cooker
Peralatan ini sangat populer di kalangan mommy yang bekerja. Fungsinya adalah memasak makanan bayi baik itu bubur atau nasi tim dengan praktis dan tanpa tenaga. Namanya juga elektrik, Mommy cukup memasukan beras dan air sesuai takaran, sambungkan ke stop kontak listrik, tekan tombol dan bubur akan termasak dengan sendirinya.
Merk yang banyak digunakan adalah Takahi dengan harga yang bervariasi, tergantung lokasi tempat tinggal.

Botol Bersendok


Biasanya dari jenis polypropylene. Berupa botol dengan ujungnya berupa sendok. Praktis jika digunakan untuk menyuapkan makanan semi cair seperti jus atau bubur tepung cair untuk bayi di awal Mpasi. Merk yang direkomendasikan adalah merk Pigeon.

Nah, itu kira-kira peralatan yang dibutuhkan. Kira-kira ada tambahan ga ya?

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Catatan Mpasi Acyuta - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger