Friday, December 14, 2012

Membuat Tepung Beras Mpasi

Sereal merupakan makanan pertama yang bagus untuk bayi. Sereal juga bisa menjadi pilihan dari tiga jenis makanan awal untuk Mpasi. Saya pilih cereal karena ya itu, relatif rendah potensi alerginya dan juga gampang didapat.

Untuk cereal, saya kasih Cuta tepung beras. Waktu itu tepung beras putih. Ada sih memang tepung beras Mpasi yang kemasan, berbagai merk mulai yang organik seperti tepung gasol. Bagi saya semuanya sama saja, karena asalnya dari beras. Namun berhubung saya saat itu tidak bisa menemukan tepung gasol beras di Denpasar jadinya saya bikin sendiri.

Untuk resepnya saya dapat dari milis Mpasi rumahan. untuk ukurannya sih terserah saja, namun baiknya dimulai dengan beberapa sendok makan beras saja. Satu sendok beras saja sudah menghasilkan tepung yang banyak, jadi kalau kebanyakan takutnya rusak selama proses penyimpanan.

Cara membuat tepung beras Mpasi sendiri:

Beras, baik itu beras putih, merah atau cokelat dicuci sampai bersih. Kalau mau direndam boleh, tidak usah semalaman agar tidak bau berasnya. Rendam beberapa jam saja. Cuci bersih, tiriskan, dan jemur hingga kering. Selama proses pengeringan ini sebaiknya jemuran beras ditutupn agar terhindar dari debu atau sampah-sampah kecil. Alas menjemur bagusnya tidak dari bahan plastik agar proses pengeringan optimal, tutupnya juga jangan dari plastik, bisa dari kain bersih juga, pokoknya yang berpori-pori biar panas bisa masuk.

Setelah kering, beras disangrai hingga gurih. Proses ini juga bisa membantu saat musim hujan, ketika beras tidak sepenuhnya kering, sangrai akan membantu menghilangkan kadar air di permukaan beras. Setelah disangrai, lalu didiamkan hingga dingin.



Blender beras dengan menggunakan blender yang kecil. Saya biasanya sedikit demi sedikit. Hasilnya memang berupa tepung yang agak kasar. Kalau mau makanan bayi berstekstur, bisa langsung dimasak, namun untuk bayi yang baru Mpasi baiknya sih disaring dulu pakai saringan teh. Butiran yang besar diblender kembali.

Tepung beras kemudian disimpan di wadah yang tertutup dan kedap udara. Masa pemakaiannya lama kok, namun ingat ya mommy, periksa tepung saat hendak dipakai, apa berubah warna atau berbau.

Nah, demikian cara singkatnya. Gampang kok, selain itu bebas bahan pengawet lagi. silahkan dicoba!

3 comments:

  1. Tengkyu mba tipsnya. Klo untuk masaknya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara masaknya biasa kek bikib bubur biasa. Tepung sesendok makan plus air kira kiura segelas.masak api kecil hingga kental.

      Delete
  2. Kalau dgn asi, bagaimana takaran asi dan airnya mba?

    ReplyDelete

 
Copyright © . Catatan Mpasi Acyuta - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger